Apa itu CPC | Pengertian Cost Per Click
CPC atau disebut juga Cost Per Click adalah salah satu bentuk
online advertising dimana si pengiklan (advertiser) memberikan sejumlah
uang kepada setiap pengunjung yang meng-klik iklannya dan mengunjungi
situs atau halaman penjualan produknya.
Banyak
faktor yang bisa mempengaruhi nilai CPC setiap iklan adsense,
diantaranya adalah jumlah iklan dalam halaman, jenis iklan yang dipilih,
sumber pengunjung dan lain sebagainya.
Program periklanan semisal Google Adsense juga
menggunakan model ini. Dalam model periklanan CPC, pemasang iklan akan
membayar sejumlah nilai uang untuk setiap klik yang diterima dari publisher. Nilainya bervariasi, antara $0,1 - $50 atau lebih, tergantung dari niche, kompetisi keyword, dan darimana klik tersebut berasal.
Menghitung CPC
CPC
memiliki rumus penghitungan yang lebih sederhana. Pada dasarnya Anda
harus membayar tarif CPC sesuai dengan jumlah klik yang terjadi,
rumusnya:
Biaya Advertiser = CPC x Jumlah Klik
Sebagai contoh, tarif CPC yang ditetapkan adalah 0.25 $, dan Anda mentargetkan 1000 klik, maka:
Biaya Advertiser = 0.25 x 1000
Dari perhitungan diatas, biaya yang harus Anda bayar adalah: 250 $.
Seperti biasa Anda bisa memutar balik rumusnya untuk menentukan tarif iklan sesuai budget Anda. Rumusnya menjadi
CPC = Biaya Advertiser (budget iklan) / Jumlah Klik
Sebagai contoh, Anda memiliki budget 200 $ dan mentargetkan untuk 10.000 klik. Maka:
CPC = 200 / 10.000
Maka Anda harus mencari media iklan dengan tarif iklan: 0.02 $ per klik.
Baca Juga:
ConversionConversion EmoticonEmoticon
Note: Only a member of this blog may post a comment.